Cukuran

large

by ADelma

.

Warning: language.

Hah, lapur sudah kemahsyurannya di Minggu siang yang mendung ini.

.

Mestinya Minggu siang ini Arif tak ke mana-mana; mendekam saja di kamar, mendengar lagu-lagu Iwan Fals sambil gogoleran 1 di kasur.

Rip, mau ngilu putsal? Kalau mau bareng lah, motor aing lagi dipake nih sama bapak ngeuseup ka waduk Cirata 😦 2

Itu adalah sebait pesan dari Iki yang diabaikannya sejak dua jam lalu.

Futsal asyik, sih. Tapi cuaca mendung begini membikin semangatnya melorot ke angka nol, jadi lebih baik dia tidak ke mana-mana. Walau bagaimanapun juga bersahutan pesan dan VN dengan pacar kandung jauh lebih asyik ketimbang rebutan bola di lapang bersama teman-teman sekelas yang sebenarnya sudah berjasa banyak untuknya. Ya, dunia harus tahu kalau mereka lah yang membuat masa SMA Arif menjadi tak mubazir. Kasihan juga, sih, jadi ditirikan begitu gara-gara seonggok perempuan penghuni kelas sebelah. Tapi, mau bagaimana lagi? Gejolak kawula muda, gitu.

“Di bawah temaram sinar merkuri~ bocah telanjang dada sambil bermain bola~ 3

Suara Cholil Mahmud dan Duta belakangan mengaram akibat doktrin dahsyat dari bapaknya. Memang kapan banget, sih, ia berpikir bahwa lagu Bang Iwan keren maksimal? Selama ini lagu yang dia dengarkan cuma Efek Rumah Kaca dan Sheila on 7, kalau ingin bising sedikit paling mentok di The S.I.G.I.T, dan kalau ingin sedikit go international ya Copeland lah.

“Eleuh-eleuh. Dek kieu wae kalakuan teh? 4

Keasyikannya terinterupsi oleh pertanyaan keki bapaknya yang sudah berdiri di ambang pintu sambil membetulkan sarung kotak-kotak ungunya. Arif menoleh dari tempat tidur, nyengir kuda memampangkan deteran giginya yang berwarna putih tua (baca: kuning).

“Emang kudu kumaha? Da bapak juga pas bujang mah pasti kayak gini. 5

Kata siapa? Bapak mah dulu ikut ngebon jeung si aki mun poe Minggu. Teu males jiga kamu6

Arif merengut, bete seketika. Selalu saja bapaknya membandingkan kehidupan anak sekarang dan jaman dulu. Nih, ya. Kalau jaman bapaknya sudah ada PS, boro-boro ngebon, deh! Yang ada nangkring di tukang rental tuh buat main GTA sampai pantat panas.

Sekarang mah gini weh. Kalau Arip ngebon, ngebon di mana? Di komplek mah nggak ada kebon, kan? Adanya juga Tim Abah Ayat tuh lagi kerja bakti meresihan solokan. Maenya Arip kudu ngiluan bobolokot cai cubluk sama bapak-bapak sekomplek? Tega euy si bapak. 7

Bapak pun terdiam, mau mengiyakan tapi gengsi tingkat galaksi. Cepet mandi, meuni kaluman nempona oge lah. Ketahuan si mamah kamu ti isuk acan mandi mah diteunggar. 8

Arif menghela napas panjang. Ia simpan ponselnya di atas nakas sebelum akhirnya mendudukan diri. “Enya, betewe si mamah ka mana? 9

Di rumah Wa Eti keur mantuan masak, kan mau hajat. 10

Hajat naon? 11 tanyanya sambil mengucek matanya yang—ew—dipenuhi belek.

“Nyunatan. 12

“Nyunatan saha? 13

“Nya nyunatan incu atuh maenya nyunatan salakina! 14

Bapaknya memang gitu, kalau membuat joke pasti sambil memasang muka serius. Arif bersiap untuk tertawa selebar terpal tukang siomay yang jualan di ujung komplek, tapi nyatanya itu semua hanya rencana semu karena sang bapak sudah menghampirinya sambil popolotot 15.

“Naon iyeu?! 16 Tangan pria bertubuh gempal itu mengacak-acak puncak kepalanya dengan gerakan super cepat kanan ke kiri. “Iyeu buuk atawa jukut di kebon si aki?! 17

Aw, aw! Ampun, Pak! Jangan sambil ngajenggut atuhlah, nggak jantan! 18

Aksi anarkis si bapak seketika terhenti. Siapa yang ngajenggut? Jangan lebay  jadi budak, 19 katanya tak terima. “Hayu urang ka teun Mang Entis, bapak ge deuk dicukur yeuh. Jadi sakalian. 20

Sepasang manik Arif membelalak, tak rela jika ia harus berpisah dengan kasurnya yang empuk. “Tariris kieu ih! Hoream ka mamana ge. 21

Decakan kecewa terdengar, namun bukan bapak namanya kalau tidak mengeluarkan ancaman yang mengerikan nan bodor 22 untuk anaknya. Oh, kitu? Deuk ku bapak wae dicukurna? Potongan sebit Ahmad Dhani? Edeuk? 23

“Embung! 24 Arif bangkit seratus persen dari ranjang, jalan serampangan menuju kamar mandi setelah berhasil menyabet handuk yang tergantung di kapstok. “Gusti, meuni kacida boga kolot teh! 25teriaknya gemas. Hah, lapur 26 sudah kemahsyurannya di Minggu siang yang mendung ini.

.

Terjemahan non formal:

1 tiduran.

2 Rip, mau ikut futsal, gak? Kalau mau bareng lah, motor aku lagi dipake si bapak pergi mancing ke waduk Cirata 😦

3 Lirik lagu Aku di Sini-nya Iwan Fals.

4 Eleuh-eleuh. Mau kayak gini terus kelakuan kamu?

5 Emang harus gimana? Bapak juga waktu muda pasti kayak gini.

6 Kata siapa? Bapak mah dulu ikut berkebun sama si kakek kalau hari Minggu. Nggak malas kayak kamu.

7 Sekarang gini aja, deh. Kalau Arip berkebun, berkebun di mana? Di komplek nggak ada kebun, kan? Adanya juga Tim Abah Ayat lagi kerja bakti bersihin selokan. Masa Arip harus ikutan belepotan air selokan sama bapak-bapak sekomplek? Tega euy si bapak.

8 Cepet mandi, risih banget ngeliatnya juga. Ketahuan si mamah kamu belum mandi dari pagi mah ya kali entar kamu ditubruk.

9 Iya, betewe si mamah ke mana, sih?

10 Di rumah Wa Eti lagi bantuin masak. Kan mau hajatan.

11 Hajatan apa?

12 Khitanan.

13 Nge-khitan siapa?

14 Ya nge-khitan cucunya lah! Masa suaminya?

15 Memelototkan mata.

16 Apa ini?

17 Ini rambut atau rumput di kebun si kakek?

18 Aw, aw! Ampun, Pak. Jangan sambil ngejambak dong! Nggak jantan!

19 Siapa yang ngejambak? Jangan lebay deh kalau jadi anak.

20 Ayo ke tempat cukur Mang Entis! Bapak juga mau dicukur, nih, jadi sekalian!

21 Dingin gini ih! Males pergi ke mana-mana.

22 Lucu.

23 Oh, gitu? Mau sama bapak aja dicukurnya? Potongan sebit (sebit itu yang dibotakin gais tapi dibentuk gitu lah dikasih motif permukaannya hahaha) Ahmad Dhani ? Mau?

24 Gak mau!

25 Keterlaluan banget sih punya orangtua?

26 Lenyap.

-fin.

A/N:

Lho, kok dialognya malah full sunda gini, sih? Maaf yah kalau memusingkan hehehe. Kalau ada yang bingung tanyain aja yak. Makasih udah sudi membaca cerita absurd nan garing ini.

Advertisements

12 thoughts on “Cukuran

  1. Huahah..bapaknya si Arip bodor pisan! *eh bener nggak ya, istilahnya?*. Nggak tahu kenapa, kalau lawakan plus bahasa Sunda itu OTP, kloop banget. Biarpun banyak kata yang aku nggak punya clue sama sekali artinya apa *jadi harus sabar cek catatan kakinya*, fic-nya asik dan enak dibayangkan.

    Setuju sama Arif, Minggu pagi yang mendung itu terlalu berharga untuk dihabiskan dengan berkegiatan di luar 🙂

    Like

    1. betul kok mi nulisnya ahaha, maaf ya kalo bahasa sundanya musingin :)) makasih banyak ya udah baca ^^

      Like

  2. Emang klop lah kalau anak laki2 sama bapak ditinggal bedua tanpa emak macem ini.. mantap ceritanya kaak! Ngebodor *?* ala sunda emang gak ada matinya, ngebodor tapi kedengeran sopan gitu sama telingaku..xD
    Gatau mau komen apa lagi :^)

    Like

  3. Waktu baca pesen dari temennya Arif, ada kata Rip. Aku mikirnya RIP wkwkwk duh sama euy. Lidah sunda dan jawa ga beda2 jauh. F/V dibaca P. sampe skarang si babe kalau nyebut anakny phatim. Mah, diajarin seribu kali, lidah masih belibet. Sabaro jadi anak babe generasi jaman semono :’) waks
    Eh, sebenernya aku udah punya ide ceritanya, tapi bingung mau pake full perckapan b.daerah gini atau campur b.indo. pft

    eniwey itu covernya keliatan kayak sisik ular. pertama liat kaget. eh ternyata ceritanya lawak :’)

    Like

    1. phatim :’) ahahaha untung ya sindrom P ini nggak hanya orang sunda yang mengalami yes yes!! makasih ya cherry dah baca, punya kamu ditunggu juga lho ❤

      Like

  4. Bodor bapakna Arip sama kayak bapak saya xD ngakak jam segini astagfirulloh..

    Btw “ini” di bahasa Sunda itu nulisnya “ieu” kan ya, baku(?)nya? Soalnya dari zaman SD sampai skrg di buku basa sunda tetep kayak gitu nulisnya, hehe..

    Makasih, tulisannya rangu pisan, resep x”D

    Like

    1. Rangu!!! ahahaha. ih kamu orang sunda tulen juga apa gimana? aku syenang ada orang sunda yang baca ini serius deh :)) makasih bet ya udah baca c:

      oh yang betul ieu, ya? ahaha makasih lho koreksinya aku ndak tahu soale :’)

      Like

  5. eleuh eleuh kamu lama ketawanya ngalahin cicilan rumah gimana caranya coba???
    serius put ampe buka dua tab gitu? o.o tapi leh ugha tuh jadi gak bolak-balik ngecek ke bawah :)) duh kuterharuuuuu ❤
    makasih ya put dah bacaaaaaaaaaaaaa maaf kalo bikin jemeut ❤

    Like

  6. HAHAHAHAHA DUH SI BAPAK xD seperti yg udah kita obrolin lah nis, tetep yg paling membekas di kepala tuh: nyunatan incuna atuh maenya nyunatan salakina xD sumpaaaaah itu kebayang banget. kayaknya frase ini mah udah jadi candaan wajib susundaan yaa niiiis hahahahaha. tapi iya sih kalo anak sama bapak ditinggal di rumah jadinya obrolannya ya kayak gini lah sebelas dua belas. ngomongin ke sana sini. POTONGAN ALA AHMAD DHANI SAMPE DIBAWA COBAAA duh si bapak xD nis keknya kamu berbakat nulis humor juga haha. nulis terus ya nisaaa x)

    Like

  7. KANIS AMPUN AKU MULES KETAWA SAMPE AKHIRRRRRRR!!!! MUCH MUCH LUV FOR BAPAKEEEEEEEEEEEEE ❤

    Dah la boys will be boys yha… yang namanya kalo uda bapak sama anak laki ditinggal di rumah udah buyarrrrrrrrrrrrrrrrr jenggut-jenggutan ampe maghrib! Yawla lah ampun si bapak coba sekali-kali hari Minggu main GTA atuh pak sama anaknya jangan cukur mulu pak botak nanti :"

    KANIS AILEKIT ❤ AI LUV BAPAKE ❤

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s